Sunday, November 7, 2010

Menghindarkan Sikap Durhaka Anak Terhadap Ayah Ibu

Sebagai manusia tentunya ingin sekali dipatuhi,dihormati dan disayangi oleh orang lain.Apalagi saat kita menjadi orang tua,pasti ingin sekali dipatuhi,dihormati dan disayangi oleh anaknya.
Sudah siapkah anda untuk mendidik anak menjadi anak yang sholeh dan berbudi pekerti?.Apakah yang akan anda lakukan sudah benar?.Ingatlah,Buah yang kita petik adalah hasil yang kita tanam,Menanam dengan baik tentunya akan memetik yang baik pula.
Sebagai orang tua sebaiknya menghindarkan hal-hal buruk seperti pertengkaran dihadapan anak anda.Selalu beri contoh yang baik kepada anak anda,karena ini lebih efektiv daripada memberi pelajaran terus menerus tanpa ada panutan untuk anak anda.
Berikan asumsi kalau ingin mendapatkan kebaikan dari orang lain termasuk orang tua,Lakukan kebaikan yang diinginkannya itu kepada orang lain niscaya orang lain pun akan berbuat baik untuk dia.
Sikap durhaka anak adalah sikap yang tidak disukai oleh orang tuanya dan tertulis larangannya dalam Al Qur’an dan Hadits.Allah berfirman dalam QS.Al-Israa’ ayat 23 (QS.17:23) yg artinya:
“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu tidak menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya mencapai umur tua disisimu,maka janganlah menghardiknya;dan katakanlah kepada mereka perkataan-perkataan yang mulia.”

Note:Sebagai anak seharusnya bersikap baik pada ibu bapaknya termasuk bertutur kata yang halus dan berkata perkataan-perkataanyang mulia.

No comments:

Post a Comment

Dilarang mengutip tanpa mencantumkan www.ilmudisaya.blogspot.com sebagai sumber artikel ini.
Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan atau isi dari artikel ini yang tidak berkenan.

Translate this page